Download Firefox Terbaru disini. Browsing dan Download lebih aman, cepat, dan stabil

Senin, 29 September 2008

Ragam Cara Mencari Duit Lewat Blog

. Senin, 29 September 2008



Setelah beberapa bulan terakhir berkeliaran di dunia blogger, saya merasa blogger2 Indonesia paling rajin cari informasi untuk mendapatkan uang lewat internet. Sebagian besar mengandalkan AdSense untuk penghasilan, dan akhir2 ini yang paling marak adalah paid review, yang konon sekali hantam dapatnya jauh lebih memuaskan. Apa saja sih cara2 mencari penghasilan lewat blog?


Sales of Goods
Berjualan lewat internet? Hmm… Yang kalian pikirkan pasti selalu berjualan barang nyata. Tapi kenyataannya masih banyak yang bisa dijual lewat internet dengan layanan2 yang ada. Berikut beberapa contoh:

o Digital Goods: Blog themes, E-book
o 3rd Party Service*: Cafepress atau Threadless
o Jual Kaos, Batik, atau Brownies kali?

Cafepress adalah pihak ketiga yang melayani penjualan anda, karena mereka yang menyediakan jasa produksi (cetak). Sedangkan barang di Threadless hanya akan diproduksi setelah melewati proses kontes.

Affiliate Marketing
Program ini umumnya berkaitan dengan penawaran barang atau jasa yang melibatkan partner bisnis lainnya. Sebagai blogger, anda bisa menyajikan ulasan2 tentang barang atau jasa, yang berkaitan dengan bisnis partner anda. Berikut adalah contoh2 perantara affiliate marketing:
Kowabunga
Commission Junction

Bentuk penghasilan umumnya berupa komisi dari nilai penjualan.

Jasa & Konsultasi
Blogging dengan cara ini sangatlah cocok bagi penyedia jasa, seperti web atau grafik desainer, ataupun konsultan. Dengan menggunakan blog, anda bisa menyajikan artikel2 yang berhubungan dengan keahlian anda, dan aktifitas ini diharapkan menjadi sarana promosi yang mendatangkan pelanggan2 baru. Tipe blog ini juga identik dengan blog dengan materi berlangganan.

Blog Berbayar
Blog ini mengandalkan iuran pelanggan sebagai sumber pemasukan, yang juga diselingi tips2 gratis untuk menarik perhatian. Karena perkembangan internet yang semakin pesat, materi banyak tersedia secara gratis. Apabila anda seorang tanpa keahlian khusus di suatu bidang, maka susah untuk menjual jasa atau tips2 anda.

Materi & Iklan
Kombinasi yang satu ini pada dasarnya adalah blog2 pengumpul topik2 menarik yang sedang hangat dibicarakan, dengan sedikit bumbu opini pribadi dari sang penulis. Materi blog pada umumnya berasal dari jaringan2 blog yang berkaitan. Dari segi penghasilan, blog tipe ini sangat tergantung dari pemasukan iklan, yang tentunya sejalan dengan jumlah trafik yg diterima. Untuk lengkapnya silahkan simak topik sebelumnya.

Komunitas Blogger
Membentuk komunitas mempunyai keuntungan tersendiri dari segi penyajian materi, karena dilakukan secara gotong-royong. Strategi pelaksanaannya juga bisa bermacam2, salah satunya adalah Asia Blogging Network atau 9Rules. Mereka membentuk suatu komunitas elit yang nantinya membawa pengunjung ekstra, tapi unuk menjadi anggota, suatu blog harus melewati tahap penyaringan terlebih dahulu. Untuk penghasilan juga sangat tergantung iklan.


Tambahan?
Mungkin masih ada beberapa macam blog yang bisa menghasilkan, yang mungkin terlewatkan. Mungkin juga para pembaca mempunyai ide yang lain? Silahkan tambahkan di bagian komentar.

0 komentar:

 
aristars.blogspot is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com